English Test

Toefl / Ielts adalah salah satu syarat yang sering ditetepkan para pemberi beasiswa baik itu sarjana, master bahkan profesor sekalipun. Toefl biasanya diperlukan untuk negara-negara dengan literasi American sedangkan Ielts dengan literasi British. Keduanya pada dasarnya memiliki kesamaan yaitu Bahasa Inggris yang juga disebut bahasa internasional selain bahasa asing lainnya. Pada tata bahasa dan aturan yang berlaku di Toefl  lebih cendrung membahas tentang grammar, berbeda dengan Ielts yang lebih banyak mengutamakan wawasan personalnya dan pengembangan ide kreatif secara luas.

Dunia pendidikan setingkat sekolah menegah umum atau universitas serta para pencari kerja di Indonesia lebih banyak mencatumkan  Toefl Score sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi. Hal ini karena ketata bahasaan di Indonesia berkiblat pada literasi American. Selain biaya yang relatif murah bahkan dapat dilakukan secara cuma-cuma dengan mengikuti Toefl Test yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu. Skor yang didapat dari tes ini juga dipertimbangkan sebagai tolak ukur sejauh mana kemampuan bahasa asing seseorang. Kelengkapan administrasi yang harus dilengkapi para seeker ini menjadi perlu dilakukan untuk tes ini.

Ilets merupakan salah satu bentuk tes untuk mengetahui kemampuan berbahasa asing seseorang. Pada dasarnya tes ini sedikit lebih sulit dibandingkan dengan Toefl Test karena pengujinya didatangkan langsung dari native speaker  of British. Biaya yang dikeluarkanpun untuk mengikuti tes ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan Toefl. Cakupan penilaian pada Ielts test ini tidak melulu terpaku hanya pada grammar saja, akan tetapi harus memiliki pengetahuan yang banyak agar tidak terbentur ide yang terbatas.

Toefl or Ielts test ini tak sesederhana yang seperti kelihatannya, untuk pertama kalinya mengikuti tes ini cukup sudah untuk membuat kepala ku rasa seperti berputar-putar. Mual dan perasaan yang sungguh tidak karuan, seperti kesal, ingin sekali rasanya marah tapi apalah daya semua itu tidak mungkin untuk dikerjakan. Pada akhirnya diriku mulai menyadari bahwa untuk menjadi lebih tahu itu tidak bisa didapatkan secara instan. Butuh berproses terlebih dahulu supaya lebih memahami hal baru yang dipelajari. Luar biasa yang terjadi secara tiba-tiba itu hanyalah bualan belaka. tentu saja karena jawabannya adalah kepastian yaitu TIDAK.

Belajar banyak hal untuk tipe-tipe tes english ini yang banyak ragamnya. Hal yang mustahil untuk dapat menjawab pertanyaan demi pertanyaan pada lembar tes tersebut. Langkah tak pernah terhenti untuk terus maju dan memperbaiki cara belajar dan mengatur siasat untuk memecahkan misteri Toefl. Rasa penasaran yang mengebu ini menimbulkan tekad bulat dalam mempelajari bahasa inggris secara sungguh-sungguh. Banyak belajar tanpa aksi nyata dalam belajar bahasa asing adalah kesia-siaan saja. Seiring berjalan waktu lambat laun akupun mulai mengerti bahasa inggris ini dan terus berusaha selalu take action untuk setiap chapter baru.

#30dwcjilid5#day21#squad2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.