Budaya

Keberagaman suku menciptakan banyaknya budaya yang bermacam-macam. Budaya juga sebagai salah satu kekhasan yang dimiliki oleh masing-masing suku yang ada di Indonesia. Bumi pertiwi ini juga memilki 34 provinsi yang ada, sedangkan budaya yang ada pada setiap provinsi itu berbeda-beda yang biasa dikenal sebagai identitas daerah itu. Budaya yang ada di Indonesia beraneka macam seperti bahasa, upacara pernikahan, makanan, adat istiadat penduduk setempat, lagu daerah, tarian dan masih banyak lagi budaya yang tidak dapat disebutkan satu persatu budaya yang melekat sebagai warisan leluhur.

Budaya yang terpublikasikan dimasyarakat sabagai tanda sejarah di Indonesia bahwasannya Inodnesia ini tidak hanya kaya akan sumber daya alam yang melipah, tetapi juga budaya yang beraneka ragamnya. Kebudayaan-kebudayaan lokal yang terkenal di manca negara ialah : Adat Jawa, Adat Bali dan Adat Pulau Bali. Tradisi Orang-orang Jawa yang sampai ke Suriname salah satu daerah bagian di Negara Amerika yang dikenal banyak kalangan ini tetap melestarikan adat budaya Suku Jawa. Bahasa yang kental dengan logat Jawa dan beberapa kebudayaan Jawa yang masih tetap dijaga sebagai salah satu warisan leluhur. Sebaliknya, di Benua Eropa yang lebih banyak dikenal secara meluas mereka yang tetap mempertahankan Budaya dari Ranah Minang. Budaya yang berasal dari Sumatra Barat ini lebih dikenal masakan khasnya yaitu Rendang. Olahan makanan dengan bumbu-bumbu yang lengkap dibalut dengan gurihnya santan berpadu menjadi satu membuat makanan sangat cocok dilidah bagi siapa saja. Tidak hanya soal rasa yang menjadi juaranya, Suku Minangpun memiliki warisan budaya yang masih dipertahankan oleh masyarakatnya meskipun tinggal diperantauan. Pulau mungil yang berbatasn dengan Pulau Jawa ialah Pulau Bali menyimpan banyak keunikan adat budaya sehingga terkenal sampai manca negara. Tidak hanya budayanya saja yang menjadi daya tarik para wisatawan manca negara untuk sekedar berkunjung, namun pesona alam yang dimilikinya membuat para pengunjung diluar Pulau Bali betah untuk berwisata ke Bali. Setiap bangunan yang ada di Bali tidak boleh melebihi pohon kelapa ini adalah kepercayaan masyarakat setempat untuk tetap mempertahankan budaya sampai saat ini.

Bukan sekedar tiga budaya saja sebenarnya yang ada di Bumi Pertiwi ini, tetapi masih banyak lagi budaya-budaya dari dearah lainnya yang ada. Beragam kebudayaan tersebut tak menghalagi bnasa tercinta ini tetap menjalankan kebersamaan pada perbedaan yang melekat. Karena berbeda bukan harus bermusuhan akan tetapi tetap menjaga kerukunan kehidupan diantara orang-orang sekitarnya. Pemaparan budaya tersebut adalah budaya yang dikenal sampai manca negara bahkan sampai ke Benua Amerika dan Benua Eropa. Adapun pada masa sekarang ini beberapa budaya melebur menjadi satu akibat dari perkawinan yang dilakukan oleh keturunannya. Tetap pertahankan setiap adat budaya yang baik bagi masing-masing suku yang ada di seluruh Indonesia seperti, bahasa, pataka-pataka yang ada adalah tugas bersama agar cagar budaya tersebut tidak punah

#30dwcjilid5#day23#squad2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.