Double Happiness

Yeay sekarang tiba waktunya untuk peringatan hari lahir. Berbondong –bondong insan untuuk sekedar memperingati hari lahir mereka. 10 Agutus kemarin sebagai hari kelahiran adikku, tumpah ruah seketika ucapan HAPPY BIRTHDAY. Hal ini baru kusadari setelah melihat intastory miliknya. Hampir seluruh ucapan teman-temannya diabadikan (screen capture) serta diupload. Era dimana mengucapkan YAUMUL MILAD lebih menyenangkan dibandingkan dengan sekedar  mengajak kepada kebaikan. Mana kala tiada ucapan itu terucap maka akan diklaim bahwasannya dia adalah orang paling tak acuh sejagad raya. Belum lagi ditambah tradisi – tradisi yang tak seharusnya menjadi lestari. Sejatinya apa yang selama ini terjadi bagaikan bentuk lain dari penjajahan yang pernah dialami, seperti diikat, disiram air yang entah berantah (biasanya campuran air kotor, telur busuk, air seni, dll).  Apakah semua yang tradisi itu adalah sebuah kewajiban  yang harus banget dilaksanakan. Ah sudahlah rasanya hati ini ingin sekali menjerit akan tradisi yang tak mendidik     satu ini.

Back to topic, Jadi ini adalah pertambahan usia adik perempuan saya . Boleh jadi tahun ini banyak kebahagian yang kamu dapat, tapi sekali lagi dalam islam itu tidak ada yang namanya PERAYAAN ULANG TAHUN. Bertambahnya usia, berubahnya status serta pengalihan tanggung jawab dari orangtua ke suami. Tepatnya sebulan yang lalu 10 Juli saat akad dan resepsi pernikahanmu digelar. Tahun ini akan terasa berbeda dengan bertambahnya tanggung jawab yang baru sebagai seorang istri. Lagi dan lagi tanggung jawab itu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Bertambahnya usia berarti berkurangnya jatah kontrak yang sudah disepakati bersama Sang Pencipta. Malulah ketika usia bertambah namun tidak ada peningkatan dalam hal ibadah (anonim, 2017). Bukan berarti orang yang tak memberi selamat atas hari lahirmu dia tak perduli. Tolak ukur yang terlalu dangkal jika kau pakai itu sebagai parameternya.

(bersambung dulu ya, karena mata udah setengah watt)……………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.