Young Marriage

Persiapan Pernikahan (4)

Pernikahan yang begitu sakral tanpa persiapan ilmu yang memadai akan membuat badai yang menerpa terasa begitu memilukan. Pastikan keinginan untuk menikah bukan hanya mapan dan mau tapi juga mampu. Definisi “mampu” adalah sebuah definisi dimana kita diberi kebebasan untuk mendefinisikannya sendiri, merujuk tata aturan yang termaktub dalam Alquran dan Hadist. Karena tidak ada mampu yang mutlak berdasarkan umur atau lainnya. Tingkat kemampuan seseorang dikatakan layak berdasarkan dirinya sendiri.

Seminar pranikah menjadi salah satu agenda wajib yang dilakukan oleh kedua mempelai dalam sebelum akad berlangsung. Kapan waktunya dan seperti apa pelaksaannya?. Serangkain kegiatan tersebut biasanya dilakukan di KUA setempat dimana calon pengantin (catin ) akan melangsungkan pernikahan. Seminar singkat ini berisi tentang segala sesuatu mengenai pernikahan. Narasumber yang hadir adalah salah satu pegawai KUA yang bekerja disana.

Terkadang ada sebagian dari para catin ini seperti enggan untuk melakukan seminar ini. Berbagai dalih dan alasan yang dikemukan agar tak perlu untuk mengikuti. Tujuan seminar ini untuk lebih memperkenalkan dunia pernikahan dan tidak menyesal akan keputusan yang sudah diambil. Tentu saja pernikahan yang bernilai ibadah akan banyak menghadapi kesulitan yang menimpa. Tak terlena dengan segala yang menimpa dan lebih tau bagaimana cara menyikapinya.

Sejatinya pernikahan bukanlah sebuah perlombaan. Siapa yang lebih dahulu menikah dia akan lebih bahagia, lalu yang terakhir kecawa. Karena setiap insan adalah pemenang dipernikahannya sendiri. Tak ada tolak ukur seperti apa bahagia itu?. Tetaplah tegar bagaimana keadaan yang menerpa, sebab antara satu biduk rumah tangga dengan rumah tangga lainnya akan berbeda.

#30DWCJilid8 #Day10 #Squad4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.