Perjalanan Lintas Provinsi bersama Damri.

Moda darat menggunakan transportasi bus, memiliki kesannya tersendiri. Menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Goncangan yang dirasakan selama perjalanan. Jarak memang tak menjadi soal yang begitu berarti selama kenyaman yang diperoleh penumpang didalam bus damri tetap menjadi prioritas  mereka.

Perusahaan moda transportasi darat khususnya bus berkembang dengan baik, diiringi dengan fasilitas kenyamanan yang mereka tawarkan. Seperti perusahaan damri yang menyediakan moda transportasi darat. Perusahaan yang dinaungi oleh pemerintah ini sudah semakin baik, terutama dalam jasa pelayanan mereka yang berikan tetap memperhatikan keselamatan dan kenyaman penumpang.

Selain itu mereka juga sudah memperbaiki cara pembelian tiket yang mulai merambah dunia teknologi. Keseriusan mereka dibuktikan dengan peluncuran DamriApps, kemudahan memesan tiket dalam genggeman tangan. Jangan lupa untuk terkoneksi dengan internet supaya pemesanan tetap bisa dilakukan.

Pelayanan yang maksimal dan terus diperbaiki tentu saja membuat saya betah udah melakukan perjalalanan darat menggunakan damri.  Pertama kali  naik damri diawal masa perkuliahan tahun 2012 (cukup lama ya), sampai saat ini (2020) masih jadi moda transportasi umum yang bakal sering dinaikin. Di Tahun 2012 damri belum banyak buka loket hingga ke pelosok. Salah satunya dikecamatan saya sendiri. Titik pemberangkatan dari di Bogor ada di dekat Botani Square yang menuju Lampung ada di Kota Bandara Lampung (beberapa tempat pemberhetian lebih banyak). Di era industry 4.0 pihak damri pun tidak ketinggalan untuk meluncurkan applikasi yang memudahkan para penumpang untuk memesan tiket.

Biasanya pemesan damri ada dibeberapa titik yang sudah ditentukan.Misalnya Kalo di Bogor Pool Damri ada di deket Botani Square. Biasanya juga ada yang didaerah bubulak, tetapi baru buka kalo musim mudik banyak seperti idul fitri. Nah kalo di Jakarta sendiri Pool Damri ada di Stasiun Gambir khusus yang rute Lampung dan Bandara ( Ini banyak titik poinnya kalo di Jakarta ). Selain di Stasiun Gambir ada juga daerah Kemayoran itu biasanya rute bus ke daerah pulau jawa seperti Jogja dan sekitarnya.

Zaman yang apa-apa bisa dilakukan dalam genggaman tangan. Nah kabar baiknya sekarang pemesanan tiket damri gak perlu harus ke loketnya lagi, karena mereka udah launching aplikasinya di playstore namanya DamriApps. Ini sangat membantu sekali kalo misalnya gak keburu dan gak sempet buat booking tiketnya karena tidak keburu atau alasannya. Belum lagi kesibukan yang tidak memungkinkan untuk sengaja ke loketnya. Kadang kan suka deg-degan juga kalo mau beli tiket on the spot “ masih ada gak ya tiketnya atau jangan-jangan malah udah abis?” kan gemes ya dah mau pulang kampung dan bawaan banyak tapi harus balik lagi karena gak kebagian tiket.

Aplikasi yang diluncurkan damri ini memudahkan orang-orang yang sempet untuk beli tiket di loket. Tapi dari pihak damri sendiri belum sepenuhnya menjual tiket di aplikasi mereka secara sistem 100%. Mereka hanya memberi  porsi tiket di aplikasi ±30%, sisannya kalo kehabisan di aplikasi masih bisa beli di loketnya.

Pertama beli tiket di damri lewat aplikasi karena gupek pengen ke Jakarta tapi mau ke Kota Bandar Lampung kok ya jauh amat dari rumah. Mau beli di loket deket rumah udah abis. Mau booking via handphone tapi sesama penjaga loket yang di kota gak bisa juga. Btw, dari rumah saya ke kota itu jauh jadi cukup memakan waktu sekali.

[ Juni 2109 ] Coba searching di google akhirnya nemu aplikasi DamriApps ini. Sudah selesai daftar dan segala macemnya dan coba pesen tiket Jakarta- Lampung dong. Tetapi sayang banget waktu itu cuman tersedia beberapa aja. Khususnya yang peminatnya banyak. Daerah pelosok macem kampung saya belum masuk daftar di aplikasinya. Rada lama banget pesennya mungkin karena signalnya gak terlalu kenceng. Pembayarannya masih terbatas karena hanya menerima via Bank Mandiri, credit card, debit card yang ber cvv dan LinkAja, belum menerima transfer dari beberapa bank yang ada. Sayang sekali, padahal kalo bisa semua bank jangkuan pasarnya akan lebih luas lagi. Pilihan yang beragam akan memberikan kemudahan bagi para konsumen.

[Juli 2109] Perkembangan yang luar biasa buat aplikasi barunya damri mereka cepet banget memperbaiki sistemnya. Gak lama berselang semua titik point damri udah muncul diaplikasi ini khususnya di wilayah Lampung. Bener-bener membantu, karena tidak harus ke Gambir buat pesen itu PR banget kan, kadang punya waktu gak banyak di Jakarta dan ada beberpa tempat yang harus dikunjungi. Pemesanan tiket melalui smartphone semua selesai. Jadi gak perlu khawatir gak kebagian tiket dan harus banget beberapa jam sebelum keberangkatan biar bisa dapet tiket.

[September 2019] Hanya jarak sebulan sudah ada pembaharuan yang dilakukan oleh tim IT damri. Lebih meningkatkan performa aplikasi itu agar lebih optimal dan maksimal. Beberapa performa menjadi lebih baik tapi tetep saja, saya rada bermasalah sama penyelesaian pembayaran. Setelah klik bayar terus kita keaplikasi lainnya, itu semacam otomatis gitu wating payment jadi gak bisa balik lagi atau ingin sekedar ganti payment. Kala itu satu-satunya cara ya harus dibatalin dan (ini juga arahan dari adminnya damri di IG).

[Desember 2019] Ketika akhir tahun kemarin sangat mengalami banyak perubahan yang cukup signifikan. Sistemnya sudah lebih cepat daripada sebelumnya ada beberapa fitur yang ditambahkan terutam metode bayarnya. Sepertinya juga jangkauannya diperluas, karena ada rute baru di daerah pulau jawa.

Histories perjalanan damri lumayan sering ya, oh tentu tidak beberapa saya pesan untuk orang lain. Selain itu juga admin instagramnya juga cukup communicative dan menjawab pertanyaan mendetail dan tidak berbelit-belit (ini penting). Beberapa kali keluhan saya mengenai DamriApps ini dijawab cukup baik oleh adminya. Sebenernya ada cara yang lebih murah jika ingin pulang kampung yaitu “Ngeteng”. Sejauh ini yang saya rasa paling nyaman itu ya naek dari kalo mau ke kampung.

Perkara soal pelabuhan eksekutif Merak – Bakauheni, mereka sedang mengajukan perjanjian kerjasama supaya segera disetujui. Sebab beberapa penumpang ada yang komplain ingin naik yang eksekutif (tentu saja karena lebih nyaman).  Disatu sisi pemesanan lewat aplikasi memang sangat mempermudah untuk memesan tiket dimana saja dan kapan saja. Tetapi disisi lain juga sedih karena pasti beberapa tenaga kerja (penjaga loket) lambat laun akan berkurang berganti dengan teknologi. Terlepas kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, pilihan untuk naik damri tetap nyaman untuk jadi teman perjalanan menuju kampung halaman.

Author: Putri Rizki H

I am Putri Rizki H, a lifetime learner due to I realize, face the future and keep on surviving never stop learning, I will be stuck in my life. Cause everything in my worship and worldly is needed to upgrade the knowledge every time. Mostly, I wrote about Agriculture in different perspectives, books, reviews ( that I used, exactly), and anything that I curious about it. Keep Touching to me, a pleasure to contact me at putririzki977@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.